Jumat, 23 Desember 2011

Defenisi Prestasi Belajar Siswa

A.    Pengertian Prestasi Belajar Siswa
Kata prestasi berasal dari bahasa Belanda yakni “Prestatic” yang artinya apa yang telah diciptakan, hasil yang menyenangkan hati yang diperoleh dari keuletan kerja. Dalam bahasa Inggris yakni “Cleverness” artinya kepandaian atau hasil. Setiap usaha yang dilakukan manusia secara sadar mempunyai tujuan, demikian pula yang dilakukan siswa dalam belajar bertujuan untuk mencapai hasil yang baik. Untuk melihat baik tidaknya hasil yang dicapai biasanya melakukan tes. Nilai-niali tes ini yang mencerminkan prestasi belajar siswa, dimana prestasi belajar ini merupakan salah satu indikator dari perubahan-perubahan yang terjadi pada diri seseorang yang mengalami proses belaja.
Winkel (1997:298), mengemukakan bahwa prestasi belajar adalah segala pekerjaan yang berhasil menunjukkan kecakapan manusia yang dicapai. Sedangkan Subandija (1993:4), menyatakan bahwa prestasi belajar diartikan sebagai tingkat keberhasilan siswa dalam mempelajari materi di sekolah, dinyatakan dalam bentuk skor yang diperoleh dari hasil tes. Sedangkan Mappa (1997:20), menyatakan bahwa prestasi belajar adalah hasil belajar yang dicapai siswa dengan bidang studi terrtentu dengan tes  standar sebagai alat pengukur keberhasilan belajar siswa.
Belajar secara tradisional merupakan sebagai upaya menambah dan mengumpulkan sejumlah pengetahuan. Sebagian orang beranggapan bahwa belajar adalah semata-mata mengumpulkan atau menghafalkan fakta-fakta yang terjadi dalam bentuk informasi/ atau member pelajaran (Syah dalam Rahmaniar, 2006:1).
Belajar bukan suatu tujuan, tetapi merupakan suatu proses untuk mencapai suatu tujuan. Jadi belajar merupakan langkah-langkah atau prosedur yang ditempuh untuk mencapai tujuan. Bukti bahwa sesorang telah belajar ialah terjadinya perubahan pada tingkah laku pada orang tersebut, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, dan dari tidak mengerti menjadi mengerti (Hamalik, 2001:30).
Worth dalam Abdullah (1979:49), menjelaskan bahwa prestasi belajar sebagai produk antara Abilitas dengan motivasi yang mengatur dan menentukan tingkah laku dalam usaha pencapaian tujuan. Sedangakan Tirtaharja dalam Fathullah (1995:9), menjelaskan bahwa prestasi belajar diartikan sebagai taraf kemampuan aktual yang bersifat terukur yang berupa penguasaan ilmu pengetahuan, keterampilan, sikap yang dicapai oleh siswa dari apa yang dipelajari di sekolah. Prestasi belajar yakni suatu nilai yang menunjukkan hasil yang tertinggi dalam belajar yang dicapai menurut kemampuan anak dalam mengerjakan sesuatu pada saat tertentu.
Berdasarkan uraian diatas, prestasi belajar adalah suatu hasil belajar yang nyata dari perubahan dari dalam diri seseorang setelah orang tersebut melakukan proses belajar mengajar. Hal ini bagi siswa ditandai dengan prestasi yang diperoleh dari hasil evaluasi yang dilakukan oleh guru di sekolah yang tercantum  dalam nialai rapor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar